Pendidikan Lingkungan

Pendidikan lingkungan adalah suatu proses untuk mengembangkan kesadaran, kepedulian dan pengetahuan tentang lingkungan dan belajar menggunakan pemahaman ini untuk melestarikan, melindungi dan memanfaatkan lingkungan secara berkelanjutan untuk kepentingan generasi sekarang dan mendatang.

Tujuan dari pendidikan lingkungan hidup ini adalah mengharapkan dan membantu mereka menjadi warga yang melek lingkungan, terampil dan berdedikasi yang bersedia untuk bekerja secara individual dan kolektif untuk mencapai dan mempertahankan keseimbangan dinamis antara kualitas hidup dan lingkungan dimasa sekarang dan masa depan.

Penyadartahuan dan pendidikan lingkungan yang dikembangkan YPAL berlandaskan untuk membangun pemahaman, terutama kepada generasi muda. Pemahaman itu adalah membangun nilai penting upaya pelestarian jenis dan lingkungan untuk kehidupan yang lebih baik dimasa yang akan datang.

Program pendidikan lingkungan hidup yang ditujukan kepada siswa sekolah dasar sampai sekolah menengah atas juga masyarakat umum. Program ini dilakukan melalui berbagai cara, seperti Pendidikan Lingkungan Hidup, program lingkungan di radio dan pembuatan media komunikasi (Buku, Poster, Leaflet, dsb).


  • PROYEK GARUDA : Aksi Konservasi Elang Jawa di Kawasan Cagar Alam Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Burangrang. Jawa Barat Indonesia.
    Durasi kegiatan : 01 April 2002 sd 31 October 2003


    Mitra :  HIMBIO Unpad
    Sponsor Program :  BP Conservation Programme

    Deskripsi kegiatan :
    Proyek Garuda adalah program tindak lanjut dari penelitian elang jawa oleh YPAL yang bekerja sama dengan Himbio (Himpunan Mahasiswa Biologi) Universitas Padjadjaran sejak tahun 1998 di bagian selatan Jawa Barat. Proyek ini merupakan bagian dari implementasi Rencana Pemulihan yang telah didirikan oleh Kelompok Kerja Pelestari Elang Jawa (KKPEJ). Hal itu melibatkan 65 relawan yang sebagian besar mahasiswa itu, juga masyarakat di Desa Cicadas Panaruban, Subang Kabupaten. Para relawan banyak terlibat pada pemantauan, diadakan pendidikan lingkungan dan penyiaran radio, dan juga pemantauan perilaku elang jawa, perkembangbiakan di sarangnya sendiri. Proyek ini dilakukan selama 18 bulan sejak April 2002 sampai Oktober 2003.
    Laporan ini menjelaskan hasil penelitian dan upaya konservasi burung elang jawa dan habitatnya di Cagar Alam Gunung Burangrang dan Tangkuban Perahu daerah Jawa Barat Indonesia. Penelitian ini dilakukan meliputi studi habitat dan perilaku perkembangbiakan dan studi singkat tentang hubungan masyarakat dan hutan.
    Upaya konservasi dilakukan terutama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, baik yang tinggal di pinggiran hutan atau di perkotaan untuk bersama sama menyelamatkan elang jawa dan habitatnya.

    Target kegiatan :
    Proyek Garuda tidak dapat dilaksanakan dengan baik tanpa dukungan dari berbagai pihak, seperti opini, keterampilan, waktu, atau bahkan dukungan antusias.
    Selama persiapan proyek perencanaan, kami melakukan beberapa menerangi seri diskusi. Kami senang mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wahyu Raharjaningtrah, Bapak Iwan Setiawan, Bapak Muchamad Muchtar, Mr Resit Sozer, Mr Johan Iskandar Phd dan Bapak Ridwan Soleh, juga kepada Mr Hiroshi Kaneda untuk kritik dan saran kritik selama persiapan, bahkan terus selama pelaksanaan proyek. Juga Ibu Budiawati Supangkat Phd atas saran-saran telah diberikan untuk implementasi pendidikan lingkungan.

    Mungkin itu semua hanya berencana jika kita tidak mendapatkan dukungan keuangan dan izin penelitian tentang implementasi. Kami sangat senang dan berterima kasih kepada BirdLife International, Beyond Petroleum dan Fauna & Flora Internasional untuk mendukung program kami melalui Penghargaan Konservasi BP.
    Kami juga berterima kasih untuk PILI-LSM Gerakan yang terpercaya kami dengan menggunakan dananya untuk perbaikan kamera pengintai selama studi perilaku elang jawa dalam sarangnya. Izin penelitian juga mudah untuk mendapatkan kebaikan dari Kepala Biro Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) I Jawa Barat, Kepala BKSDA Wilayah I I, Jawa Barat, Hutan Perusahaan Publik III (Perum Perhutani III) Jawa Barat dan Perusahaan Perkebunan Masyarakat (PTPN) VIII Ciater. Dan kami berterima kasih kepada pihak manajemen area untuk melakukan kegiatan di daerah mereka.

  • Pendirian klub BICONS sebagai Klub Masyarakat Pelestari Burung liar yang berupaya untuk melestarikan burung dan satwa liar lainnya melalui kegiatan kampanye pelestarian alam, pendidikan dan penyuluhan pada masyarakat.
    Durasi kegiatan : 24 September 1999 sd 31 December 1969


    Mitra : 
    Sponsor Program : 

    Deskripsi kegiatan :
    Karena burung merupakan indikator apa yang terjadi di alam, seperti pemanasan global sebagai akibat aktifitas yang dilakukan manusia yang berpengaruh terhadap alam. Menurut penelitian mencontohkan bagaimana perubahan itu terjadi pada jumlah burung di alam dan masa berbiak burung dikaitkan dengan perubahan iklim bumi, dimana pergerakan burung di alam dipengaruhi oleh pemanasan global pada bumi.
    Selain itu burung hanya menyukai alam yang masih bersih, asri, bebas polusi dan pepohonan untuk tempat hidupnya. Jadi apabila tidak terdapat burung hidup bebas disekitar kita menandakan telah terjadi kerusakan alam disekitar kita.
    Dan manusia sangat tergantung pada alam untuk hidupnya, bila alam rusak maka terancam pula kehidupan manusia di muka bumi ini.
    Atas dasar rasa tanggung jawab untuk menjaga kelestarian alam di sekitar kita dengan pendekatan melalui burung untuk menciptakan rasa kecintaan kepada alam dan menjaganya

    Target kegiatan :
    BIRDWATCHING
    •Sunday Birdwatching yaitu Pengamatan burung bersama masyarakat setiap minggu pagi di Taman Ganesha Kotamadya Bandung
    •Penyuluhan pelestarian burung pada pengunjung taman pada setiap acara Sunday Birdwatching
    •Pengamatan burung bulanan untuk mencari lokasi baru yang banyak burung liarnya di kota bandung
    •Birdwatching tour, yaitu program rekreasi pengamatan burung di luar kota

    Kampanye
    •Penyuluhan pelestarian alam di sekolah-sekolah dan universitas dengan memperkenalkan kegiatan pengamatan burung di alam
    •Diskusi reguler antar anggota
    •Publikasi di media cetak
    •Kampanye melalui media elektronik, salahsatunya melalui stasiun Radio

  • Penyuluhan Keanekaragaman Hayati melalui poster keanekaragaman hayati di Jawa Barat
    Durasi kegiatan : 16 July 1998 sd 16 July 1999


    Mitra :  Yayasan KEHATI
    Sponsor Program :  Yayasan KEHATI

    Deskripsi kegiatan :

    Target kegiatan :

Copyright © 2012 Yayasan Pribumi Alam Lestari