Aktivitas Terkini


 PROYEK GARUDA : Aksi Konservasi Elang Jawa di Kawasan Cagar Alam Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Burangrang. Jawa Barat Indonesia.


YPAL bekerjasama dengan :
HIMBIO Unpad

Tanggal kegiatan : 31 October 2003

Deskripsi kegiatan :
Proyek Garuda adalah program tindak lanjut dari penelitian elang jawa oleh YPAL yang bekerja sama dengan Himbio (Himpunan Mahasiswa Biologi) Universitas Padjadjaran sejak tahun 1998 di bagian selatan Jawa Barat. Proyek ini merupakan bagian dari implementasi Rencana Pemulihan yang telah didirikan oleh Kelompok Kerja Pelestari Elang Jawa (KKPEJ). Hal itu melibatkan 65 relawan yang sebagian besar mahasiswa itu, juga masyarakat di Desa Cicadas Panaruban, Subang Kabupaten. Para relawan banyak terlibat pada pemantauan, diadakan pendidikan lingkungan dan penyiaran radio, dan juga pemantauan perilaku elang jawa, perkembangbiakan di sarangnya sendiri. Proyek ini dilakukan selama 18 bulan sejak April 2002 sampai Oktober 2003.
Laporan ini menjelaskan hasil penelitian dan upaya konservasi burung elang jawa dan habitatnya di Cagar Alam Gunung Burangrang dan Tangkuban Perahu daerah Jawa Barat Indonesia. Penelitian ini dilakukan meliputi studi habitat dan perilaku perkembangbiakan dan studi singkat tentang hubungan masyarakat dan hutan.
Upaya konservasi dilakukan terutama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, baik yang tinggal di pinggiran hutan atau di perkotaan untuk bersama sama menyelamatkan elang jawa dan habitatnya.


Hasil yang dicapai :
Proyek Garuda tidak dapat dilaksanakan dengan baik tanpa dukungan dari berbagai pihak, seperti opini, keterampilan, waktu, atau bahkan dukungan antusias.
Selama persiapan proyek perencanaan, kami melakukan beberapa menerangi seri diskusi. Kami senang mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wahyu Raharjaningtrah, Bapak Iwan Setiawan, Bapak Muchamad Muchtar, Mr Resit Sozer, Mr Johan Iskandar Phd dan Bapak Ridwan Soleh, juga kepada Mr Hiroshi Kaneda untuk kritik dan saran kritik selama persiapan, bahkan terus selama pelaksanaan proyek. Juga Ibu Budiawati Supangkat Phd atas saran-saran telah diberikan untuk implementasi pendidikan lingkungan.

Mungkin itu semua hanya berencana jika kita tidak mendapatkan dukungan keuangan dan izin penelitian tentang implementasi. Kami sangat senang dan berterima kasih kepada BirdLife International, Beyond Petroleum dan Fauna & Flora Internasional untuk mendukung program kami melalui Penghargaan Konservasi BP.
Kami juga berterima kasih untuk PILI-LSM Gerakan yang terpercaya kami dengan menggunakan dananya untuk perbaikan kamera pengintai selama studi perilaku elang jawa dalam sarangnya. Izin penelitian juga mudah untuk mendapatkan kebaikan dari Kepala Biro Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) I Jawa Barat, Kepala BKSDA Wilayah I I, Jawa Barat, Hutan Perusahaan Publik III (Perum Perhutani III) Jawa Barat dan Perusahaan Perkebunan Masyarakat (PTPN) VIII Ciater. Dan kami berterima kasih kepada pihak manajemen area untuk melakukan kegiatan di daerah mereka.

Copyright © 2012 Yayasan Pribumi Alam Lestari